previous arrow
next arrow
Slider

Pengumuman

User Education 2023

"Explore the World with Library"  Pelaksanaan :Tanggal 21 - 25 Agustus...

Workshop Penulisan Resensi, Layanan 7 Juli 2023 ditiadakan

Sehubungan dengan adanya kegiatan Workshop Penulisan Resensi, maka Perpustakaan tidak...

Pengumuman Pemenang Lomba Resensi Tk Nasional

Perpustakaan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan menyelenggarakan acara puncak dari...

Lomba Resensi Buku Tingkat Nasional 2022

Ketentuan peserta lomba: Peserta merupakan mahasiswa aktif strata 1 (S1) Perguruan...

Pengumuman Seleksi Calon Sahabat Perpustakaan IAIN Pekalongan Periode 2

Rangkaian seleksi dan perekrutan Sahabat Perpustakaan IAIN Pekalongan kembali digelar...

Lomba Resensi Buku Tingkat Nasional Tahun 2021

LOMBA RESENSI BUKU TINGKAT NASIONALTAHUN 2021 A. Syarat dan Ketentuan Peserta...

Rekrutmen Sahabat Perpustakaan Periode I

Perpustakaan IAIN Pekalongan membuka rekruitmen Sahabat Perpustakaan untuk menjadi bagian...

Survei Kebutuhan Pemustaka

Kepada seluruh sivitas akademika Institut Agama Islam Negeri Pekalongan dimohon...

Lomba Menulis Resensi Tingkat Nasional 2017

Assalamu'alaikum Wr. Wb Dalam rangka meningkatkan minat baca dan memeriahkan Perpustakaaan...

Jadwal Layanan Perpustakaan IAIN Pekalongan Per Agustus 2018

Jadwal Layanan Perpustakaan IAIN Pekalongan Per Agustus 2018

WILEY Online Library

Assalamu'alaikum Sobat Perpustakaan yang berbahagia. Salam Literasi!!Ada yang akan hadir...

Juknis Lomba Resensi Buku Tingkat Nasional 2019

Ketentuan Lomba Resensi Buku Tingkat Nasional Perpustakaan IAIN Pekalongan Tahun 2019 TEMA:...

Pengumuman Hasil Lomba Resensi Tahun 2017

Assalamu'alaikum Wr. Wb Bahwa berdasarkan hasil penilaian Dewan Juri Lomba Resensi...

Visitasi Akreditasi Perpustakaan Tahun 2022

Perpustakaan UIN KH Abdurrahman Wahid secara maraton pada 17 dan 18 November 2022 melaksanakan kegiatan visitasi akreditasi perpustakaan secara on site. Kegiatan ini merupakan puncak dari seluruh rangkaian kegiatan persiapan penilaian akreditasi perpustakaan yang dilaksanakan oleh Perpustakaan Nasional RI.

Kegiatan visitasi lapangan diawali dengan kegiatan pembukaan pada Kamis, 17 November 2022, pukul 16.00 WIB, bertempat di ruang seminar lantai 3 gedung perpustakaan UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan. Hadir pada saat kegiatan para pimpinan UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan, seperti Rektor, para wakil rektor, para dekan, serta pimpinan lembaga yang ada di lingkungan UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan, termasuk undangan dari mitra perpustakaan seperti dari perpustakaan daerah Kota dan Kabupaten Pekalongan.
Pada sambutannya, rektor UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan, Prof. Dr. H Zaenal Mustakim, M.Ag menyampaikan apresiasinya kepada para asesor akreditasi dari Perpustakaan Nasional RI. Rektor juga menyampaikan bahwasanya Perpustakaan KH Abdurrahman Wahid Pekalongan siap untuk melaksanakan kegiatan penilaian akreditasi berdasarkan pada 6 komponen utama standar nasional perpustakaan. Di akhir sambutannya, rektor turut menyampaikan harapannya agar perpustakaan KH Abdurrahman Wahid Pekalongan mendapatkan predikat A. Pada kesempatan yang sama, perwakilan asesor yakni Dr. Ahmad Masykuri, M.M juga menyampaikan sambutannya yang menyatakan bahwa perpustakaan memang harus melakukan proses akreditasi sebagai bukti pelayanan prima kepada para pemustaka/stakeholder. Bahkan, kedepannya, perpustakaan harus siap dengan standarisasi perpustakaan yang lebih kompleks yang mulai mengukur tentang tingkat literasi. Namun demikian, beliau berpesan bahwa jangan menjadikan proses akreditasi sebagai beban, namun harus dijadikan motivasi agar perpustakaan selalu siap dalam memberikan pelayanan kepada para pemustakanya. Kegiatan pembukaan ini sendiri kemudian ditutup dengan gala dinner dimana para asesor dan tamu undangan disuguhi dengan makanan khas Pekalongan.
Pada hari berikutnya, Jum’at, 18 November 2022 perpustakaan divisitasi langsung oleh tim assesor, yang terdiri dari 2 orang assesor utama dan 1 orang assesor pendamping. Tim assessor tersebut diantaranya Dr. Riko Bintari Pertamasari, M.Hum, Dr. Ahmad Masykuri, M.M, dan Cicilia Sri Rahayu, S.IP. Adapun tim perpustakaan dibagi dalam 6 komponen, dimana masing-masing komponen terdapat penanggung jawab yang siap mempertanggungjawabkan borang akreditasi yang telah disusun.

Dalam acara ini, Dr. Ahmad Masykuri, M.M. sebagai reviewer komponen 1 (Koleksi Perpustakaan), komponen 2 (Sarana dan Prasarana Perpustakaan), serta komponen 3 (Pelayanan Perpustakaan), didampingi oleh Cicilia Sri Rahayu, S.IP. Masing-masing penanggung jawab komponen diminta memberikan penjelasan terkait evaluasi diri komponen tersebut. Sedangkan Dr. Riko sebagai reviewer komponen 4 (Tenaga Perpustakaan), komponen 5 (Penyelenggaraan dan Pengelolaan Perpustakaan), serta komponen 6 (Penguat) secara khusus meminta hanya satu orang dari tim perpustakaan yang menjelaskan evaluasi diri dari tiga komponen tersebut. Bertindak sebagai perwakilan tim perpustakaan yaitu Nani Nuryani, S.Hum, yang juga merupakan tim GKM Perpustakaan.
Kepala Perpustakaan, Junaeti, S.Sos, M.M. mengawal penuh tim perpustakaan selama proses visitasi akreditasi. Review komponen berlangsung mulai pukul 08.30 - 13.00 WIB, diselingi dengan salat Jum’at. Acara ditutup dengan pembacaan sementara hasil visitasi akreditasi oleh tim assesor. Dalam kesempatan ini, Dr. Masykuri dan Dr. Riko menyampaikan secara detail hasil evaluasi diri dari 6 komponen standar nasional perpustakaan yang telah dimiliki dan dilaksanakan oleh Perpustakaan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. “Hasil sementara perpustakaan ini masuk kategori A,” demikian disimpulkan Dr. Masykuri, yang langsung disambut ucapan hamdalah dan tepuk tangan meriah dari tim perpustakaan.
Kepala perpustakaan dengan berbangga hati menyambut hasil sementara dari tim assessor. Akreditasi perdana perpustakaan ini merupakan langkah awal perpustakaan untuk semakin maju. “Setelah akreditasi ini, semangat kita harus tetap menggelora karena akreditasi berikutnya perpustakaan harus memiliki dan melaksanakan 9 komponen dari standar perpustakaan nasional,” terang Ibu Junaeti.  Kepala perpustakaan dengan bangga mengapresiasi semangat tim perpustakaan, mulai dari proses persiapan baik kelengkapan dokumen, sarana prasarana, maupun di setiap pelaksanaan kegiatan sejak beberapa tahun lalu hingga sekarang. Tim perpustakaan harus selalu bersemangat untuk mempertahankan hasil yang telah didapatkan dengan tetap berkreasi dan berinovasi serta menjadikan masukan dari tim assesor sebagai petunjuk perbaikan di masa yang akan datang. Perpustakaan memang sudah seharusnya dikelola dengan baik sesuai standar perpustakaan nasional. Dengan demikian, perpustakaan akan selalu dapat mencapai hasil maksimal di setiap visitasi akreditasi perpustakaan.

 

Form Layanan Online
 

Pengunjung

Today212
This week935
This month3824
Total175251

6
Online

Koleksi

13527 +

Buku

5000 +

Tugas Akhir

3446 +

Referensi

2000 +

E-Book

Alamat

Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Phone : 085876130901
Jam Layanan :
Senin-Kamis : 08.00-19.00
Jum'at : 09.00-16.00
Sabtu : 09.00-15.00